Kategori
Uncategorized

Bangun jaringan komunikasi di daerah terpencil untuk membebaskan diri dari ruang kosong

Egyptmaritime – Merdeka artinya bebas, bebas dari rasa takut atau bebas dari penjajahan. Jangan ragu untuk melakukan sesuatu dan menyendiri. Jaringan yang solid juga akan membuat kita mandiri, bebas dari celah. Berkat jaringan yang kuat, kita bebas berkomunikasi tanpa takut tiba-tiba terputus atau bahkan tidak bisa menerima sinyal di daerah terpencil.

Negara kita Indonesia sangat luas, terdiri dari banyak pulau yang dipisahkan oleh lautan dimana setiap daratan memiliki kontur yang berbeda dengan banyak pegunungan. Hal tersebut menjadi tantangan bagi perkembangan jaringan telekomunikasi di Indonesia.

Namun karena komitmen untuk memberikan layanan komunikasi terbaik untuk kemajuan Tanah Air, tantangan ini menjadi pendorong bagi Telkomsel. Tidak hanya di perkotaan atau menguntungkan secara bisnis, operator telekomunikasi ini juga menjangkau daerah yang jauh dari perbatasan. Telkomsel berkomitmen untuk menyediakan layanan komunikasi berkualitas yang tersebar merata di seluruh Indonesia untuk mendorong tumbuhnya komunitas di segala aspek kehidupan.

Untuk membuka keterisolasian layanan komunikasi di Indonesia, Telkomsel secara khusus telah membangun sekitar 1.100 base transceiver station (BTS) di pedesaan dalam beberapa tahun terakhir yang sebelumnya kekurangan layanan komunikasi.

Seluruh BTS di pelosok tersebar di 26 provinsi yaitu NAD, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) . , Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua. Dari 1.100 BTS tersebut, 50 juga diimplementasikan dengan BTS 4G yang memungkinkan masyarakat untuk memanfaatkan layanan data yang berkualitas untuk meningkatkan produktivitas.

Penempatan BTS di daerah terpencil ini merupakan hasil kerja sama Telkomsel dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika. Program ini menyediakan akses telekomunikasi seluler bagi masyarakat di bidang telekomunikasi universal dan layanan komputer atau yang lebih dikenal dengan Universal Service Obligation (USO).

Secara teknis, dalam pembangunan BTS USO di daerah terisolir, Telkomsel menerapkan teknologi BTS yang memungkinkan penggunaan layanan transmisi satelit VSAT-IP (Very Small Aperture Terminal Internet Protocol).

Teknologi VSAT-IP merupakan solusi komunikasi untuk melayani daerah terpencil dengan kondisi geografis yang sulit. Oleh karena itu lebih tepat diterapkan di negara kepulauan seperti Indonesia. Dalam program ini, Telkomsel juga mengimplementasikan perangkat antena yang berfungsi mengirim dan menerima sinyal telekomunikasi, serta base station controller (BSC) untuk mengontrol dan memantau kinerja BTS.

Selain mendukung program USO, Telkomsel terus berperan aktif dan berkontribusi dalam menyediakan akses telekomunikasi bagi masyarakat Indonesia di daerah tertinggal, terluar dan perbatasan (Q3). Sejalan dengan komitmen yang kuat untuk membuka akses telekomunikasi dan informasi di daerah perbatasan, daerah terpencil dan jalur laut di Indonesia, sekaligus mendukung percepatan Rencana Pita Lebar Indonesia 2014-2019, Telkomsel mencanangkan program Merah Putih (Penetration of pedesaan, industri terpencil dan kelautan).

Selama ini Telkomsel memiliki jangkauan jaringan di pelosok Indonesia untuk memperlancar komunikasi. Pada semester pertama 2019, Telkomsel sudah memiliki total base transceiver station (BTS) lebih dari 204.000 unit. Selain itu di tahun 2019 Telkomsel akan menambah pembangunan BTS 4G sebanyak 20 ribu unit. Berkat dibangunnya BTS 4G, jangkauan jaringan Telkomsel dengan teknologi terkini kini mencapai 94% dari total populasi di Indonesia.

Nah, dengan infrastruktur jaringan Telkomsel yang besar dan kokoh, tentunya risiko kehilangan sinyal akan semakin rendah. Risiko ruang kosong bisa dihindari, karena saat berpindah dari satu area ke area lain akan ditangani langsung oleh BTS terdekat. Pada saat itu kami menjadi independen dari Blankspot.

Dengan Indonesia merdeka dari white space karena pertumbuhan jumlah BTS Telkomsel yang tersebar di seluruh wilayah, jaringan telekomunikasi semakin kuat. Layanan Telkomsel akan terus mendukung berbagai aktivitas masyarakat seperti Tanya Veronika Asisten Virtual, termasuk di bidang ekonomi.