Kategori
Teknologi

Review Laptop Untuk Gaming: Lenovo Legion 5i

Egyptmaritime –┬áLenovo Legion 5i (82AU003FID) memiliki layar dengan kesan game low profile, juga tidak terlalu terlihat. Ini telah menjadi ciri khas laptop Lenovo, yang menurut kami memiliki tampilan sederhana yang merupakan ciri khas laptop kantor atau pebisnis. Di bagian luar, hanya ada tulisan Legion dan Lenovo yang khas. Tanpa efek RGB, tidak membuat tampilan luar seperti laptop kecuali bodi bagian bawah yang lebih menonjol saat layar dibuka. Bagian yang menonjol bukanlah desain baru, dan beberapa merek laptop telah menerapkan desain ini juga. Di bagian ini terdapat port I / O yang diapit oleh ventilasi udara di sisi kiri dan kanan. Pilihan posisi port I / O di sini memiliki nilai plus.

Anda tidak akan mengalami posisi yang canggung saat menggunakan Lenovo Legion 5i dengan kabel yang terhubung ke port I / O sebanyak saat posisinya di kanan dan kiri. Kendati demikian, laptop ini tetap menawarkan satu port USB di sisi kanan dan kiri, termasuk koneksi audio. Posisi port I / O di belakang tidak sulit dijangkau sama sekali. Anda hanya perlu menutup layar laptop sedikit dan melihat penanda logo untuk setiap port I / O di atas. Oleh karena itu tidak perlu menyalakan laptop. Sekarang putar ke dalam saat membuka laptop. Lenovo Legion 5i menawarkan layar IPS FHD 15,6 inci dengan kecepatan refresh 144Hz. Di bagian atas layar ada webcam dengan shutter yang bisa digerakkan untuk menutupnya. Fitur ini adalah fitur laptop profesional.

Upaya Lenovo menciptakan kesan laptop profesional pada Lenovo Legion 5i masih terlihat pada keyboardnya. Anda tidak akan menemukan RGB backlit, melainkan versi standar, kemudian tidak ada jalan pintas keyboard untuk fitur permainan, kecuali kombinasi fitur performa dan arena numpad. Pada keyboard, Lenovo menawarkan fitur TrueStrike Keyboard. Fitur ini sama dengan kemampuan anti-ghosting dari keyboard game mekanis. Alhasil, keyboard di laptop ini pun banyak merespon saat Anda bermain game, meski memiliki tampilan laptop profesional.

Padahal Lenovo Legion menyertakan dashboard dengan fitur gaming dari Lenovo Vantage. Hal ini sangat disayangkan karena perlu dimaksimalkan. Di sini, Lenovo Legion 5i masih memuat area tombol Numpad yang sebenarnya jarang tersedia di laptop. Oleh karena itu, semakin jelas bahwa Lenovo ingin menargetkan pengguna yang merupakan gamer, serta pekerja atau profesional atau gamer yang ingin tetap low profile. Area palm rest di sisi kanan dan kiri trackpad cukup terang saat digunakan laptop untuk bekerja. Saat bermain game, area ini dan area keyboard tidak terasa panas. Pengalaman ini mungkin berasal dari fitur Lenovo Legion Cold Front 2.0. Fitur ini dijelaskan oleh Lenovo untuk dapat mengontrol efek samping termal atau termal dari komponen di dalamnya. Ini juga berpengaruh pada performa, jadi tidak ada redaman, sehingga performanya akan stabil.

Fitur

Duniamasa menyebutkan bahwa Lenovo Legion memiliki fitur dasbor fitur yang disebut Lenovo Vantage. Tetapi perangkat lunak bawaan ini sebenarnya tersedia di semua laptop Lenovo. Sebuah fitur disediakan disini untuk mengecek firmware dari fitur atau komponen yang ada di laptop, termasuk layanan support center. Jika melihat fitur-fitur di dalamnya, menurut kami Lenovo Vantage memiliki banyak kekurangan. Pertama adalah tampilan antarmuka yang terlihat rapi tetapi tidak praktis. Anda perlu menggulir layar ke bawah untuk melihat semua fitur. Lenovo Vantage tidak menawarkan pemeriksaan mendalam tentang kemampuan gaming dari Lenovo Legion 5i. Terdapat fungsi pengaturan fungsi berdasarkan suhu (thermal) yang terasa normal kecuali suara kipas yang semakin keras saat output ditekan.

Di antara berbagai fitur tersebut, terdapat peningkatan jaringan untuk mendorong koneksi internet saat membuka aplikasi tertentu yang diatur melalui WiFi. Selebihnya normal menurut kami dan tidak mengesankan laptop game dengan kinerja dan fitur yang dapat diakses. Di sini kita bisa menemukan fitur menarik yaitu fast charge untuk mengisi daya dengan cepat dan menjaga baterai tetap maksimal 80 persen saat terhubung. Oleh karena itu, baterai akan lebih sehat atau lebih tahan lama.

Performa

Bagaimana cara kerja Lenovo Legion 5i (82AU003FID) saat digunakan? Perlu diingat kembali bahwa laptop ini tersedia dalam berbagai variasi spesifikasi dengan harga yang berbeda pula. Medcom.id telah menguji versi prosesor Intel Core i7-10750H generasi ke-10 dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1650Ti. Spesifikasi pendukungnya adalah 16GB (2x8GB) DDR4 2933MHz RAM dan penyimpanan 512GB NVMe SSD atau memori internal. Berikut spesifikasi dari Lenovo Legion 5i (82AU003FID) yang menurut kami lumayan bagus dan mumpuni, jadi harganya masuk akal di kisaran Rp 21,9 juta.

Itulah rekomendasi laptop gaming yang bisa kamu jadikan referensi untuk tahun ini.