Kategori
Pengetahuan

Pengertian Musik Kontemporer

Egyptmaritime – Berbicara tentang seni, ini adalah bidang yang sangat luas. Ada cabang seperti tari, teater, seni rupa dan musik. Cabang-cabang ini kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok.

Misalnya cabang musik, tergantung dari bentuknya, dibedakan menjadi seni vokal, musik instrumental, dan pencampuran vokal dan instrumen. Hal yang sama berlaku untuk cat yang memiliki aliran cat.

Kemudian dari segi waktu, seni musik juga dibedakan menjadi seni musik tradisional dan seni musik modern. Istilah seni musik dalam pengertian seni rupa kontemporer pada dasarnya sama dengan seni musik modern.

Untuk memahami persamaan tersebut, terlebih dahulu harus memahami pengertian tentang musik kontemporer itu sendiri. Di bawah ini kami uraikan berbagai topik mulai dari pemahaman musik kontemporer, karakteristiknya, hingga contoh untuk memahaminya lebih dalam.

Memahami musik kontemporer

Musik kontemporer sebenarnya adalah musik yang keberadaannya sangat erat kaitannya dengan perjalanan waktu. Inilah mengapa musik kontemporer sering disebut musik avant-garde, karena musik ini selalu memajukan jaman.

Musik kontemporer disebut juga sebagai musik baru atau musik baru, karena karena keberadaannya yang selalu maju di zaman, musik kontemporer pasti akan menghadirkan sesuatu yang baru, sebuah karya musik yang belum pernah ada sebelumnya. dibuat sebelumnya.

Sederhananya, “kontemporer” berarti “sekarang”. Musik kontemporer adalah jenis musik yang baru diciptakan, yang belum pernah diciptakan sebelumnya.

Musik kontemporer sering dianggap sebagai hasil dari modernisasi atau salah satu perwujudan dari era modern. Padahal, nilai-nilai kontemporer dalam musik sudah dikenal sejak zaman Johann Sebastian Bach.

Pada zamannya, musik Bach dianggap musik kontemporer. Gubahan musik Bach yang menyerupai air mengalir tanpa jeda, serta gaya contrapung (garis bas dan melodi yang saling bertolak belakang membentuk aliran harmoni) merupakan gubahan yang jauh melampaui standar pada saat itu.

Belakangan, musik kontemporer menjadi jenis musik independen dan mulai berkembang pada abad ke-20. Kemunculannya dipicu oleh gerakan lukisan impresionis abad ke-19 yang dipimpin oleh berbagai pelukis Perancis: Monet, Degas, Renoir dan kawan-kawan.

Mereka menolak pandangan Romantisme yang pada waktu itu diterima oleh banyak orang dengan trend baru, Impresionisme, yang menekankan pada kesan atau kesan yang diciptakan oleh suatu karya seni.

Pada seperempat terakhir abad ke-19, musik orkestra dan piano mulai menghasilkan suara merdu yang seringkali bersumber dari bahan sastra atau seni. Terkadang melodi dan ritme baru muncul yang tidak berasal dari Barat. Skala dan akord baru juga digunakan saat ini.

Dimulai oleh Arnold Schoenberg, bereksperimen dengan tangga nada duodékatonic (12 nada) dalam musik abad ini, abad ini menghasilkan suara yang menyenangkan dengan nuansa yang sangat padat. Skala yang umumnya dikenal adalah diatonik dan terdiri dari 7 nada: do, re, mi, fa, so, la, si.

Karakter lainnya adalah Pierre Boulez dengan teknik yang menggunakan idiom dan tata bahasa matematika, kemudian Oliver Messiaen dengan teknik yang dibuat oleh musik berupa perbandingan konstruksi geometri, serta musik perkusi John Cage , dan banyak musisi pionir lainnya. musik kontemporer.

Salah satu jenis musik yang terkenal adalah drumband. Jika kamu Jual baju drumband pastinya akan sangat laris.