Kategori
Pengetahuan

Kesalahan Laundry Yang Jarang Diketahui

Egyptmaritime – Kesalahan laundry sering diabaikan. Padahal ini bisa merusak pakaian. Mencuci pakaian, baik di mesin cuci maupun manual tentunya harus dilakukan dengan benar, karena bisa juga mempengaruhi kesehatan.

Padahal mencuci pakaian merupakan salah satu kegiatan yang kelihatannya mudah, namun banyak orang yang kurang memperhatikan pelaksanaannya. Mencuci pakaian bukan hanya tentang merendam, menggosok, membilas dan mengeringkan.

Kesalahan dalam cucian harus segera dihindari. Pasalnya, baik menggunakan mesin cuci maupun dengan tangan, mencuci pakaian harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar kesehatan Anda selalu terjaga dan bisa tampil aman.

Menggunakan Terlalu Banyak Deterjen

Kesalahan cucian yang sering dilakukan adalah menggunakan terlalu banyak deterjen. Ini karena menggunakan terlalu banyak deterjen bisa menghasilkan lebih banyak busa.

Busa yang berlebihan ini bisa memerangkap kotoran dan tersangkut di serat pakaian yang tidak dibilas. Inilah yang menyebabkan bintik kuning karena bakteri menumpuk di pakaian. Ini biasanya sering ditemukan di daerah bawah leher.

Noda gosok yang pada pakaian Noda gosok yangterlalu kuatterlalu kuat juga merupakan salah satu kesalahan cucian yang paling umum. Alih-alih menghilangkan noda dari pakaian, hal ini dapat merusak serat pakaian.

Noda membandel dan sulit dihilangkan membuat Anda ingin menggosok dengan keras. Namun harus digosok dengan lembut dan teratur agar noda hilang dan tidak merusak pakaian Anda.

Selain itu, jangan menunda mencuci pakaian kotor, karena noda dapat menyerap serat pakaian Anda.

Menuangkan Deterjen Secara Langsung

Kesalahan berikutnya saat mencuci pakaian adalah menuangkan deterjen langsung ke pakaian. Hal ini dapat menyebabkan cucian meresap ke dalam busa deterjen. Butiran pada deterjen yang tidak larut sepenuhnya akan tertinggal di serat kain, menyebabkan noda dan perubahan warna pada pakaian.

Cara yang baik untuk melarutkan deterjen adalah dengan menuangkan air ke dalam ember atau mesin cuci terlebih dahulu, kemudian tuangkan deterjen secukupnya.

Buka resleting baju Anda dan jangan tutup resletingnya
Kesalahan cucian berikut sering terjadi. Saat mencuci pakaian kancing, jangan biarkan kancing menempel saat mencucinya. Jika Anda meninggalkan tombol. Hal ini dapat menyebabkan kendurnya jahitan kancing dan pemanjangan lubang kancing.

Sedangkan saat mencuci pakaian dengan ritsleting, seperti jaket atau celana, pastikan untuk menutup ritsletingnya. Selain mencegah pakaian melar, dengan cara ini ritsleting pakaian tidak tertahan oleh pakaian lain dan merusaknya.

Karena seringkali logam pada ritsleting dapat merobek pakaian dari jenis atau kain halus.

Membiarkan Pakaian Berkerut

Mencuci Kesalahan laundry yang jarang dipertimbangkan di bawah ini memungkinkan pakaian menjadi kusut setelah dicuci. Ada beberapa mesin cuci yang memungkinkan Anda tidak perlu menjemur pakaian di bawah sinar matahari untuk mengeringkannya.

Namun, untuk beberapa barang yang mudah kusut jika dibiarkan, kerutan akan semakin bertambah dan akan sulit untuk membuatnya kembali mulus dan licin. Pastikan Anda menggoyangkan pakaian setelah dicuci agar kerutan tidak semakin parah.

Pisahkan Pakaian

Pisahkan pakaian Anda Tidak memisahkan pakaian dalam Anda juga merupakan salah satu kesalahan dalam cucian yang jarang Anda perhatikan. Hal ini menyebabkan bakteri dan jamur di pakaian dalam berpindah ke pakaian lain. Kami merekomendasikan mencuci pakaian dalam secara terpisah dan mencuci tangan disarankan untuk hasil pembersihan yang maksimal.

Mendaur Ulang “Dry Clean”

Pakaian Berlabel Kesalahan berikutnya dalam cucian adalah mencuci pakaian berlabel “dry clean.” Pakaian yang diberi label dry clean umumnya terbuat dari linen dan sutra dan dapat dicuci dengan tangan lalu dikeringkan dengan udara.

Sebelum mencuci pakaian, pastikan untuk melakukan tes warna dengan cara melembabkan kapas yang telah dicuci dengan deterjen. Terapkan ke jahitan tersembunyi untuk melihat apakah ada warna yang luntur.

Jika tidak, lanjutkan mencuci pakaian dengan air sabun, gosok satu atau dua kali lalu bilas dan keringkan dengan handuk agar air bilasan terserap oleh handuk.

Referensi: Konveksi Seragam