Kategori
Teknologi

Jenis Kamera Yang Cocok Untuk Fotografi Jalanan

Egyptmaritime –¬†Fotografi jalanan adalah salah satu bidang fotografi terpopuler di dunia. Buktinya, semakin banyak pekerjaan fotografi jalanan yang mengisi konten Instagram. Fotografi jalanan adalah tentang menangkap spontanitas objek yang terjadi di ruang publik tanpa rekayasa apa pun.

Lantas kamera manakah yang cocok untuk memotret objek ini? Lihat deskripsi kamera yang cocok untuk fotografi jalanan di bawah.

Kamera refleks digital

Pro:

Fitur inilah yang menjadi keunggulan utama kamera SLR digital ini. Artinya, Anda dapat menyesuaikan pengaturan kamera selengkap mungkin di semua kondisi pencahayaan. Selain itu, ia memiliki kecepatan rana yang memungkinkannya menangkap empat bingkai (atau lebih) per detik. Spontanitas paling baik ditangkap dengan keunggulan ini. Ketersediaan varian lensa juga merupakan keuntungan tersendiri karena Anda dapat bermain lebih banyak dengan berbagai variasi jarak pemotretan.

Melawan:

Harganya yang cukup mahal bisa menjadi kendala besar untuk memulai hobi ini. Berbagai fungsi tersebut juga bisa menjadi penarik bagi para pemula di dunia fotografi. Terakhir, bobot kamera yang berat bisa menjadi kekurangan yang signifikan. Tentunya Anda tidak ingin setelah mencari barang-barang fotografi bahu Anda sakit karena Anda membawa kamera yang beratnya di atas 4kg. Selain itu, memotret dengan DSLR juga dapat menangkap perhatian subjek fotografis, sehingga terkadang sulit menemukan spontanitas kecuali memotret dengan zoom.

Selain fotografi jalanan, teknik fotografi lain yang sangat populer adalah fotografi eksposur panjang. Mau tahu caranya? Lihat artikel ini.

Kamera mirrorless

Pro:

Ringan dan berbagai macam lensa tersedia. Apakah mereka menginginkan lebih? Fungsi konfigurasi yang mampu bersaing dengan kamera SLR digital. Selain itu, kamera mirrorless mungkin lebih mobile daripada DSLR karena ketersediaan fungsi WiFi untuk berbagi foto secara langsung dengan smartphone (hanya beberapa DSLR terbaru yang memiliki fungsi WiFi). Kemudian foto dapat diunggah langsung ke jejaring sosial dengan filter yang diinginkan.

Melawan:

Autofokus mirrorless cukup lambat dibandingkan DSLR. Karena teknologi mirrorless menggunakan deteksi kontras daripada deteksi fase untuk fokus pada objek, kecepatannya dapat dikurangi secara signifikan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya pilih Sewa Kamera Bantul mirrorless yang memiliki fitur autofokus yang mendukung keduanya. Kelemahan berikutnya adalah daya tahan baterainya yang cenderung lebih cepat habis dibandingkan DSLR.

Tak lengkap rasanya jika berlibur tanpa foto. Berikut beberapa cara menghasilkan foto liburan yang lebih menarik.

Pro:

Bentuknya yang ringkas dan nyaris senyap memungkinkan Anda mengambil foto tanpa terperangkap oleh subjek foto, sehingga foto terlihat lebih alami dan spontan. Bodinya juga kecil, sehingga bisa dengan mudah dikeluarkan dari saku saat melihat objek fotografi yang menarik. Penyiapannya juga sangat mudah untuk pemula karena tersedia dalam berbagai model seperti potret, aksi, makro, dan lainnya.

Melawan:

Lensa tetap bisa menjadi masalah utama di sini. Anda akan dihadapkan pada sudut pengambilan gambar yang terbatas. Ada yang menyediakan digital zoom, namun harus ada pengorbanan pada kualitas ketajaman gambar yang dihasilkan. Kualitas gambar yang dihasilkan juga cukup terbatas, kecuali jika Anda memang hanya ingin membagikan hasilnya di media sosial.

Ketiga kamera di atas memiliki kelebihan tersendiri jika digunakan untuk fotografi jalanan. Namun, apa pun bisa diatasi dengan kemampuan mata Anda menangkap bingkai yang tepat.