Kategori
Otomotif

Informasi Pajak Provinsi Kalimantan Timur

Egyptmaritime –┬áPajak adalah iuran rakyat pada negara berdasarkan undang-undang, sehingga dapat dipaksakan, dengan tidak mendapatkan balas jasa secara langsung. Pajak dipungut berdasarkan norma-norma hukum untuk menutup biaya produksi barang dan jasa kolektif untuk mencapai kesejahteraan rakyat. Di Indonesia, terdapat berbagai jenis pajak, contohnya berdasarkan pihak yang memungut pajak, yang terdiri dari pajak pusat dan pajak daerah, dan pajak daerah dibagi lagi menjadi pajak provinsi dan pajak kabupaten/kota.

Terdapat berbagai informasi-informasi pajak di Indonesia, semuanya tergantung dengan tempat tinggal dan jika kalian tinggal di daerah Provinsi Kalimantan Timur, berikut adalah cara mengetahui informasi-informasi pajak di provinsi Kalimantan Timur dan dibawah ini adalah penjelasaannya!

Informasi Pajak Provinsi Kalimantan Timur

Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Oleh karena itu, berdasarkan hal tersebut, Provinsi Kalimantan Timur menangani persoalan pajak-pajak sebagai berikut:

1. Pajak Kendaraan Bermotor dan Kendaraan di Atas Air

Pajak kendaraan bermotor merupakan pajak terhadap seluruh kendaraan bermotor di semua jenis jalan baik di darat maupun air. Pajak ini dibayar di muka dan dikenanakna kembali untuk masa 12 bulan. Tarif pembayarannya berbeda-beda sesuai dengan kepemilikan dan banyaknya jumlah kendaraan yang dimiliki. Seperti pada kepemilikan kendaraan bermotor pertama sebesar 2% dan akan meningkat 0.5% setiap kepemilikan kendaraan bermotor meningkat. Kamu bisa cek di simpator kaltim.

2. Bea Balik Nama Kendaraan bermotor dan Kendaraan di Atas Air

Menurut Peraturan Daerah Nomor 9 tentang BBNKB, ia merupakan pajak atas penyerahan hak milik kendaraan bermotor sebagai akibat perjanjian dua pihak atau pembuatan sepihak atau keadaan terjadi karena jual beli, tukar-menukar hibah, warisan atau pemasukan ke dalam badan usaha. Tarif pembayarannya 10% pada penyerahan pertama dan bertambah 1% pada penyerahan seterusnya.

3. Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor

Pajak ini diatur dalam Peraturan Derah Nomor 10 tentang PBBKB, ia dipungut atas bahan bakar kendaraan bermotor yang disediakan atau dianggap bergina untuk kendaraan bermotor, termasuka bahan bahan kendaraan di atas air. Tarif yang ditetapkan sebesar 5% dan dapat diubah oleh Pemerintah dengan Peraturan Presiden jikalau terjadi suatu kondisi merugikan yang telah ditetapkan terlebih dahulu tentang kondisi-kondisi tersebut.

4. Pajak Air Permukaan

Pajak ini merupakan pajak untuk setiap kegiatan pengambilan dan pemanfaatan air dengan bangunan untuk dimanfaatkan airnya atau tujuan lainnya. Tarif pembayaran dihitung berdasarkan faktor-faktor tertentu, seperti jenis sumber air, lokasi/zona pengambilan atau pemanfaatan air, kualitas air, tujuan, volume air, dan tingkat kerusakan lingkungan yang disebabkan. Tarif pembayarannya sebesar 10%.

5. Pajak Rokok

Pajak rokok merupakan pungutan atas cukai rokok yang dipungut oleh pemerintah pusat. Objek pajak rokok meliputi sigaret, cerutu, dan daun rokok. Tarif pajak rokok sebesar 10% dari cukai rokok dipungut oleh instansi pemerintah yang berwenang.

Keterangan, Tarif Pembayaran dapat berubah-ubah sesuai ketetapan Pemerintah Pusat ataupun Pemerintah Daerah.

Dan pajak-pajak lain yang akan ditangani oleh pihak kabupaten/kota di provinsi Kalimantan Timur adalah sebagai berikut:

  • Pajak Restoran
  • Pajak Parkir
  • Pajak Hiburan
  • Pajak Hotel
  • Pajak Reklame
  • Pajak Penerangan Jalan
  • Pajak Mineral Bukan Logam dan Bebatuan
  • Pajak Air Tanah
  • Pajak Sarang Burung walet
  • Pajak Bumi dan Bangunan sektor Pedesaan dan Perkotaan
  • Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan

Itulah, informasi-informasi tentang pajak di provinsi Kalimantan Timur. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang informasi pajak, silahkan kunjungi website resmi pajak Kalimantan Timur atau Pemerintah Pusat. Semoga bermanfaat!