Kategori
Furniture

Cara Membuat Meja Kayu Minimalis

Egyptmaritime –¬†Produksi meja kayu adalah tempat yang baik untuk memulai produksi kerajinan dari kayu dan juga bisa sangat menuntut pekerja terampil di bidang kayu. Di artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk membuat spreadsheet yang sederhana namun kuat. Pernahkah Anda mempertimbangkan untuk membuat meja kayu sederhana sendiri? Jika iya, ternyata membuat meja kayu sendiri tidak sesulit yang kita bayangkan, lho! Membuat meja kayu sederhana ternyata sangat mudah dan membutuhkan kesabaran serta ketelitian! Kali ini saya akan membagikan artikel tentang cara membuat meja kayu minimalis sederhana. Pada artikel kali ini kayu yang digunakan adalah kayu pinus. Bahkan Anda bisa memanfaatkan kayu lain yang Anda sukai atau bahkan jati belanda yang harganya cukup murah.

Nah, Anda sangat penasaran bagaimana cara mengetahui cara membuat meja kayu sederhana ini? Lihat di bawah!

Langkah-Langkah:

Gunakan kertas, pensil, dan penggaris untuk menggambar kasar desain meja yang akan Anda buat.

  1. Pertama, buat garis besar tabel, berapa pun skalanya.
  2. Setelah gambar garis selesai, buat sketsa dimensinya. Dimensi tabel bervariasi tergantung pada jenis tabel yang akan Anda buat.
  3. Pertimbangkan lokasi tabel saat membuat dimensi. Anda harus membuatnya sesuai dengan ukuran yang Anda butuhkan.
  4. Gunakan ukuran kasar Anda untuk menentukan jumlah kayu yang Anda butuhkan. Selalu sediakan sedikit lebih banyak kayu untuk setiap kotak.
  5. Beli kayu. Pekerja kayu pemula sebaiknya memilih kayu lunak seperti pinus. Untuk hasil yang lebih baik, coba kayu poplar. Dan jika meja kayu Anda diletakkan di luar, pertimbangkan untuk menggunakan kayu merah atau kayu yang telah diolah sebelumnya.
  6. Gunakan papan tulis. Keuntungan menggunakan papan adalah lebih murah dari satu lembar. Papan yang direkatkan adalah yang paling mudah digunakan, tetapi jika Anda dapat membuat papan dengan pasak, Anda harus mencobanya.
  7. Gunakan satu lembar kayu. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan metode ini, Anda dapat menghemat uang dengan menggunakan konstruksi kayu lapis.
  8. Potong, rekatkan, dan cubit bagian atas meja dan biarkan bekerja semalaman.
  9. Buat bagian bawah tabel. Bagian bawah meja adalah kotak kayu, yang diletakkan di bawah bagian atas meja dan membantu menopang kaki meja.

Untuk membuat bagian bawah meja makan jati

  1. Ukur beberapa inci di dalam bagian atas meja. Lebar meja pasti akan berbeda-beda tergantung dari dimensi meja Anda. Tandai posisi Anda.
  2. Balikkan bagian atas meja dan gambar kotak di bagian bawah sesuai dengan tanda yang Anda buat.
  3. Potong dua pasang kayu di bagian depan dan dua di sisi meja
  4. Rekatkan dan tempelkan tongkat ini sejajar dengan garis yang Anda buat di bagian bawah tabel. Jika ukuran penjepit Anda tidak menahan kayu dengan sempurna, Anda mungkin lebih suka menggunakan sekrup yang menahan bagian ini secara permanen atau menahannya hingga lem mengering.

Membuat Kaki Meja

  1. Potong satu kaki ke ukuran yang diinginkan. Potong tiga kaki lainnya dengan ukuran yang sama. Satukan semua kaki meja Anda.
  2. Potong keempat kaki meja dengan lebar yang sama saat masih dijepit, dengan menggunakan kaki pertama sebagai acuan.
  3. Rapikan kaki meja dengan amplas agar halus dan siap untuk pengamplasan selanjutnya hingga lebih halus. Berhati-hatilah saat memotong bagian atas atau bawah kaki meja, karena ini dapat mengubah sudut yang Anda buat.
  4. Rekatkan kaki meja. Jika meja tidak terbalik, balikkan. Oleskan lem ke bagian atas kaki meja dan ke bagian yang menempel di bagian bawah meja. Jaga kaki meja pada posisi yang benar dengan menidurkan – jangan gunakan kuku Anda – bagian bawah meja ke arah kaki.
  5. Periksa apakah kaki meja berada pada sudut siku-siku ke atas meja. Sesuaikan sekrup dengan kebutuhan Anda.
  6. Ulangi prosedur ini di kaki meja lainnya. Saat semuanya sudah terpasang dan rata, tunggu sampai lem benar-benar kering. Balikkan meja dan perhatikan posisinya dengan meletakkannya di lantai dan menggoyangnya.
  7. Sejajarkan tabel hingga mencapai level yang diinginkan. Atau bisa juga menggunakan cat seperti cat kayu, pernis atau minyak tung.

Cara tersebut biasa digunakan oleh pengrajin mebel jati dimanapun.

Kategori
Furniture

Fungsi Furniture, Indah Dengan Manfaat Lebih Banyak

Egyptmaritime – Tentu dalam hal furniture kita menginginkan yang unik dan mempercantik rumah dan halamannya. Tentu sekarang ini sudah tersedia berbagai jenis furniture dengan keunikan yang berbeda. Hal ini membuat gaya dan kekreatifan furniture itu berbeda dan bisa kita pilih. Manfaat dari furniture ini juga berbeda tergantung jenisnya masing-masing. Oleh sebab itu tidak semua jenis dalam furniture sama manfaat dan kegunaanya.

Bahkan setiap jenis furniture ini memiliki bahan yang berbeda untuk digunakan, misalnya kayu, plastik, bambu ataupun logam. Tapi untuk produk artistik biasanya bahan yang digunakan yaitu kayu dengan tekstur dan warna pilihan. Apalagi tampilan dari artistik tersebut terlihat unik dan elegan, pasti akan semakin mempercantik ruangan. Apalagi kualitas kayu dan warnanya bagus juga terpercaya, tidak akan mudah rusak atau berjamur. Jika Kualitasnya buruk maka daya tahannya juga tidak akan lama. Dengan begitu pasti kita akan ribet membeli dan menggantinya.

Apalagi kita sebagai warga indonesia memanfaatkan semua bahan atau produk hasil buatan dalam buka luar. Produk hasil dalam negeri juga akan lebih terpercaya karena pasti kita akan lebih tahu sebagai penduduk indonesia. Misalnya dalam hal kayu di indonesia terdapat banyak jenis dengan kualitas yang sangat bagus sehingga kokoh dan tahan lama. Fungsi furniture juga pastinya berbeda hal ini membuat setiap jenisnya dibuat dengan semenarik mungkin. Bahkan ada banyak jenis dan keunikan yang dibuat dengan berbagai cara yang berbeda pula.

Terkait jenis kayu yang sering digunakan dan sudah sangat populer yaitu kayu jati. Memang jenis kayu ini sudah sangat terkenal dikalangan banyak orang. Bahkan kayu jenis ini sudah masuk pasar ekspor dunia. Karena kayu ini sudah terkenal sangat kuat dan tahan lama, sehingga tidak mudah berjamur dan digerogoti rayap. Maka dari itu kayu jenis ini yang sangat diinginkan banyak orang, bahkan sangat dicari setiap orang agar tidak perlu terlalu sering menggantinya. Bahkan diluar negeri saja mereka menginginkan kayu jati sebagai perlengkapan rumah seperti kursi, lemari, meja atau lainnya.

Fungsi furniture ini yaitu untuk melengkapi perabotan dan memperindah tampilan setiap ruangan agar tidak terlihat kosong. Jadi keindahan setiap rumah akan dipengaruhi oleh setiap furniture yang melengkapinya. Jika furniture yang dimilikinya terlihat elegan maka susana dan tampilan rumah pun akan terlihat sama seperti itu. Jika furniture semua warnanya cerah maka susana rumah pun akan terlihat cerah juga. Jadi dalam hal ini furniture memiliki pengaruh yang bersar terhadap keindahan setiap tampilan rumah.

Fungsi selanjutnya yaitu bisa sebagai tempat menyimpan barang, berarti hal ini akan bersangkutan dengan lemari, rak, ataupun laci. Dengan ini kita bisa menyimpan suatu barang dengan rapi dan tidak akan hilang, apalagi barang atau berkas tersebut sangat penting. Pastinya dengan adanya tempat untuk menyimpan barang ini pasti keamanan dan kerapihan bisa terjamin. Tanpa merasa takut akan kehilangan barang yang penting, maka dari itu sekarang tempat meyimpan barang dibuat dengan keamanan yang bisa menjamin.

Fungsi furniture selanjutnya yaitu sebagai tempat santai atau beristirahat, misalnya saja kursi, tempat tidur, sofa, mebel jepara, dan lainnya. Tentu itu yang paling pertama kita butuhkan ketia telah mempunyai atau baru menempati rumah.

Itulah beberapa fungsi furniture yang sangat bermanfaat bagi semua orang. Dengan adanya furniture ini kebutuhan kita juga akan terlengkapi dengan baik.