Kategori
Tanaman

Cara Budidaya Tanaman Lidah Buaya Di Pot

Egyptmaritime – Tanaman lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, tidak hanya sebagai obat luar seperti penyembuhan luka, menghilangkan ketombe atau jerawat di wajah, tetapi juga bisa menjadi obat alternatif berbagai jenis penyakit seperti maag, diabetes, herpes, dan lain-lain.

Begitu besar manfaat dari lidah buaya membuat tanaman ini banyak dibudidaya oleh masyarakat. Selain digunakan untuk usaha kecantikan seperti perawatan kulit dan rambut, tanaman ini dibudidaya karena bisa dijadikan makanan dan minuman kesehatan yang banyak digemari.

Dalam pembudidayaannya, lidah buaya termasuk tanaman yang sangat mudah dikembangkan. Tak hanya untuk skala bsar di lahan yang luas, tanaman ini juga bisa dibudidayakan di lahan sempit dan terbatas seperti halaman pekarangan, di teras depan rumah, atau bahkan pot kecil. Bagaimana cara budidaya tanaman lidah buaya di pot, berikut ulasannya.

Siapkan Polybag

Sebelum membudidayakan tanaman asli Afrika ini, pertama-tama siapkan terlebih dahulu polybag sebagai tempat menanam tanaman lidah buaya. Ukuran polybag sebaiknya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, karena penggunaan polybag hanya untuk sementara. Ukuran polybag yang pas untuk bibit lidah buaya adalah berdiameter 28 cm.

Siapkan Media Tanam

Media tanam di sini berarti tanah yang digunakan. Berbeda dengan tanaman lain yang menggunakan media tanam yang berasal dari tanah gembur atau tanah basah. Lidah buaya adalah tanaman yang tidak menyukai air, jadi tanah yang tepat untuk media tanamnya adalah tanah kering.

Tentu saja, jika Anda kesulitan mencari tanah kering, Anda bisa menggunakan tanah yang dicampur seperti pasir dan pupuk kandang untuk cara budidaya tanaman lidah buaya di pot. Selain campuran tersebut, ada juga campuran tanah dengan komposisi pasir, batu apung dan perlit yang juga baik untuk media tanam lidah buaya. Silahkan Anda memilih mana bahan media tanam yang lebih mudah ditemui.

Ganti dengan Pot

Tak butuh waktu lama untuk lidah buaya berkembang dan memiliki banyak tunas baru. Jika hal ini terjadi, maka segera pindahkan tanaman lidah buaya ke dalam pot. Lidah buaya yang harus segera dipindahkan di pot adalah lidah buaya dengan tunas yang telah tumbuh kira-kira 10 cm.

Tak lupa pisahkan terlebih dahulu tunasnya dengan induk tanaman agar tanaman tidak saling berebut energi. Ada baiknya Anda memilih pot yang lebar dan dalam. Gunanya agar tanaman lidah buaya dapat berkembang maksimal.

Pemilihan Bibit

Dalam budidaya tanaman lidah buaya di pot, Anda perlu memperhatikan pemilihan bibit, Anda bisa memilih tanaman lidah buaya yang masih kecil dan segar. Segar di sini artinya tidak ada bintik hitam pada daun lidah buaya tersebut.

Perhatikan Cara Penanaman

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya tanaman lidah buaya merupakan tanaman yang mudah ditanam dan dibudidaya. Seperti halnya tanaman lain, Anda bisa langsung menancapkan tanaman ini ke media tanam yang telah disiapkan.

Walau begitu, perhatikan juga agar tidak terlalu dalam dan dangkal karena hal itu akan membuat tanaman ini menjadi busuk dan mati. Selain itu, tanaman ini akan menjadi mudah patah jika besar nanti.

Penyiraman

Dikarenakan tanaman ini tidak begitu menyukai air, maka Anda tidak perlu terlalu sering melakukan penyiraman. Dan ketika melakukan penyiraman pun jangan terlalu banyak, secukupnya saja. Namun, tetap jangan sepelekan, tetap siram setiap hari agar ia dapat tumbuh dengan optimal.

Pastikan pula pot yang digunakan telah memilki lubang pembuangan, agar kelebihan air dapat dibuang sempurna dan tanaman tidak menjadi busuk.

Demikian cara budidaya tanaman lidah buaya di pot. Jangan lupa untuk tetap perhatikan posisi penyimpanan tanaman, karena tanaman ini harus tetap disimpan di tempat yang teduh namun dapat terkena matahari secara langsung. Tujuannya agar ia dapat berfotosintesis dengan sempurna dan dapat tumbuh dengan optimal.