Kategori
Pengetahuan

Bahasa Inggris Adalah Disposisi Untuk Masa Depan Bangsa

Egyptmaritime –¬†Apakah kita tidak menyadari bahwa dunia tempat kita sekarang ini semakin kecil dan kecil? Tidakkah kita sadari bahwa jarak dan waktu tidak lagi menjadi penghambat sosialisasi antar negara?

Semua ini telah berubah. Dunia yang semakin mengecil dan jarak serta waktu yang tidak lagi menjadi kendala merupakan salah satu pengaruh dari keberadaan internet. Internet telah berhasil mengubah kehidupan manusia menjadi dunia yang benar-benar tanpa batas. Segala sesuatu di luar perbatasan.

Internet telah membuat setiap orang terhubung satu sama lain. Dengan menghubungkan kerabat jauh agar dekat, akses menjadi mudah dan efisien. Cukup dengan menghubungkan perangkat ke Internet, kita dapat mengakses ribuan, bahkan ratusan ribu informasi yang tersedia di Internet.

Dengan menggunakan aplikasi kita bisa membeli pakaian, makanan, bahkan bisa memesan kendaraan untuk mengantarkan kita ke tempat tujuan yang kita inginkan. Jika kita memperhatikannya, Internet dan aplikasi yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari menggunakan bahasa Inggris. Kami sangat jarang bertemu orang yang berbicara bahasa Indonesia atau bahasa lain.

“Mengapa bahasa Inggris bukan bahasa Indonesia?”

Karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan oleh semua negara untuk berkomunikasi secara internasional. “Jadi kalau kita pakai bahasa Inggris, bagaimana dengan bahasa Indonesia? Bahasa yang digunakan para pahlawan berjuang dengan darah dan keringat.” Bukankah penggunaan bahasa Inggris terus menerus menyebabkan bangsa kita kehilangan rasa nasionalismenya? Bukankah kita harus takut dengan kondisi ini?

Jika beberapa dari kekhawatiran ini terus membayangi pikiran kita, inilah saatnya untuk lebih memahami pentingnya kefasihan dalam bahasa Inggris.

Bahasa Inggris adalah dasar persaingan di dunia yang mengglobal

Dunia saat ini berbeda dengan dunia pada tahun 1928 ketika Sumpah Pemuda diumumkan. Dunia saat ini merupakan dunia yang telah menyusut oleh berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dunia tidak terbagi menjadi wilayah-wilayah teritorial, melainkan seolah-olah teritorial dipersatukan oleh kerja sama dan kepentingan global. Harus diakui bahwa kefasihan berbahasa Inggris digunakan dalam segala bentuk komunikasi internasional, beberapa perusahaan / instansi khususnya di bidang pariwisata dan perhotelan menjadikan kefasihan berbahasa Inggris sebagai syarat untuk menjadi karyawan dari perusahaan / lembaga tersebut.

Ini tidak berarti bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa kedua, tetapi karena persyaratan yang berlaku di seluruh dunia, Anda harus dapat berbicara bahasa Inggris. Sebagai pemimpin Indonesia pertama, Soekarno yang berhasil menjalin hubungan internasional berkat kompetensi Soekarno, baik di bidang politik, bahasa Inggris maupun pengetahuan yang mendalam.

Dengan adanya bahasa Inggris sebagai bahasa internasional tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan Indonesia mulai dari taman bermain / taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi memiliki kurikulum dan kursus bahasa Inggris, mengapa? Hal tersebut dilakukan agar sumber daya manusia dapat berperan serta dalam globalisasi dunia.

Indonesia khususnya generasi mudanya harus dibuat fasih berbahasa Inggris, agar kelak bisa mempertahankan harkat dan martabat bangsanya sendiri di kancah internasional. Generasi muda bangsa harus benar-benar siap dengan persenjataan yang memadai untuk melawan arus globalisasi yang semakin ganas. Jika bisa juga, ketahuilah bahwa saat ini bahasa Inggris sangat diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam politik, ekonomi, budaya, dan terutama di bidang pendidikan.

Di negara kita, Indonesia, kemampuan berbahasa Inggris belum dimanfaatkan secara optimal. Orang yang fasih berbahasa Inggris cenderung menggunakannya untuk kepentingannya sendiri. Sebagian besar dari orang-orang ini menggunakan bahasa ini untuk terlihat bagus dan tampil dalam bahasa gaul di depan orang lain.

Semua ini tentu saja terserah masing-masing individu. Apapun niatnya, kelancaran berbahasa Inggris niscaya akan membawa manfaat yang sangat besar bagi anak muda. Belajar bahasa Inggris tidak akan pernah sia-sia, karena itu akan sangat diperlukan di masa depan. Karena bahasa bisnis adalah bahasa Inggris.

Oleh karena itu, jangan terlalu pesimis jika dikatakan bahwa kemunculan bahasa Inggris akan menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Itu tidak akan pernah terjadi. Karena kecintaan pada bangsa tidak bisa diukur sama sekali dengan penggunaan bahasa asing. Malah bangsa akan semakin bangga bila anak mudanya mampu menguasai bahasa asing untuk menghadapi persaingan global.

Ke depan, semua negara akan terhubung tanpa batas.

Alasan kedua kita perlu fasih berbahasa Inggris adalah suatu saat nanti seluruh komunitas dunia akan terkoneksi tanpa batas, terkoneksi tanpa jarak ke Internet. Globalisasi yang semakin mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia pada kenyataannya akan menuntut seluruh masyarakat dunia menggunakan bahasa internasional, yang dalam konteks ini tentunya bahasa Inggris.

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional telah menjadi kebutuhan bagi semua umat manusia di masa depan. Oleh karena itu, mempersiapkannya dengan cara terbaik sangatlah penting. Oleh karena itu, generasi muda bangsa harus benar-benar dipersiapkan dengan baik.

Kedua alasan ini, tentu saja, merupakan puluhan bahkan ratusan alasan pentingnya pemahaman dan pembelajaran bahasa Inggris. Kita tidak perlu takut menodai kecintaan kita pada bangsa sendiri, karena belajar bahasa Inggris justru akan membuka lebih banyak kesempatan bagi kita untuk membawa bahasa Indonesia ke kancah internasional.

Belajar bahasa Inggris di EF Kursus Bahasa Inggris Profesional adalah satu-satunya proses untuk menjadikan bahasa Indonesia terkenal di dunia. Generasi muda Indonesia tidak boleh mengabaikan persaingan global, karena dengan sedikit nekat masa depan bangsa kita sendiri akan terancam. Indonesia harus tetap menjadi negara pemenang. Anak cucu kita harus hidup bahagia bersama Indonesia.