Kategori
Teknologi

Aplikasi Membuat Cover Buku Terbaik 2021

Egyptmaritime – Bagi penulis, khususnya yang menulis novel, sampul buku merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah buku. Pasalnya, sampul ini akan mewakili isi cerita yang dibuat di atasnya.

Sampul buku harus menarik agar orang yang melihat sampul buku ingin membaca isi yang dikandungnya. Namun yang disayangkan tidak semua penulis bisa mendesain atau membuat cover buku dari cerita yang mereka tulis, walaupun kebanyakan hasilnya tidak bagus.

Tentu tidak akan bagus jika sampul buku yang dibuat jelek, akan sangat disayangkan jika kamu menulis cerita yang bagus tapi sampul bukunya jelek dan tidak menarik. Sampul yang tidak menarik akan menghilangkan kemungkinan orang ingin membaca cerita buku tersebut.

Namun bagi anda yang belum mengetahui cara membuat cover buku tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ada berbagai aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membuat cover buku secara online. Anda dapat dengan mudah membuat sampul buku tanpa masalah.

Nah kali ini Teknoinside akan membahas daftar aplikasi pembuatan cover buku. Aplikasi berikut bekerja secara otomatis, jadi Anda hanya perlu menyesuaikan tata letak.

Namun harus kamu ingat walaupun cocok untuk pemula, disarankan agar kamu memiliki sedikit skill dalam editing atau insting agar hasil cover bukunya bagus.

Aplikasi pembuat sampul buku online

Sekarang banyak hal yang bisa kita lakukan dengan mudah hanya dengan smartphone Android, salah satunya adalah membuat cover buku. Anda dapat membuat sampul buku melalui aplikasi online. Berikut adalah beberapa aplikasi pembuat sampul buku yang dapat Anda gunakan.

1.Canvas

Aplikasi sampul buku pertama adalah Canva. Canva adalah situs yang memungkinkan pengunjung Anda untuk mengedit atau membuat layout untuk berbagai kebutuhan seperti infografis, desain web, spanduk, bahkan sampul buku yang juga dapat Anda buat melalui Canva.

Situs ini sangat populer, terutama di kalangan pengguna internet. Bukan hanya karena hasilnya yang bagus, tetapi juga karena pengoperasian situs ini tidak sulit dan tidak rumit. Bahkan bagi Anda yang masih baru dalam membuat desain, tidak akan sulit untuk menggunakannya.

Ada banyak sekali templat bentuk atau latar belakang yang dapat Anda gunakan di Canva. Di sini Anda hanya perlu mengubah beberapa elemen seperti warna, teks, gaya dan pola desain yang Anda inginkan agar sesuai dengan sampul buku dan isinya sesuka Anda.

2.Fotor

Fotor juga merupakan salah satu situs pengeditan foto online terbaik. Selain sebagai situs edit foto, editor foto ini juga memiliki fitur lain seperti membuat poster, kartu, sampul media sosial, dan sampul buku.

Nah untuk fungsi pembuatan cover buku sudah banyak template dengan tampilan berbeda yang bisa anda gunakan dengan berbagai jenis kategori. Dimana setiap desain memiliki perbedaan yang cukup mencolok, sehingga sangat sesuai dengan cerita yang Anda buat.

Dalam hal fungsi pengeditan, Fotor memiliki banyak alat yang dapat Anda gunakan pada halaman khusus. Dengan tampilan yang menarik dan simpel, Anda bisa langsung menggunakannya.

3. Snappa

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat cover buku atau novel adalah Snappa, kamu bisa membuat cover buku secara online dengan aplikasi ini. Situs Snappa sendiri sudah terkenal dan merupakan salah satu penyedia editing grafis terbaik di internet.

Ada banyak template di Snappa yang dapat Anda gunakan untuk membuat berbagai jenis persyaratan. Salah satunya adalah dalam kategori e-book yang sangat cocok untuk dijadikan sampul novel atau buku Anda.

Untuk desainnya sendiri cukup lengkap. Karena di setiap template yang ada, Anda bisa bebas mengedit elemen yang ada, jadi tidak perlu khawatir jika covernya sama dengan milik orang lain.

4.LucidPress

Jika Anda ingin membuat cover novel/buku dengan desain yang mewah, Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi/website LucidPress. Situs ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2013.

Dan sekarang LucidPress telah menjadi situs edit foto terkenal dan banyak orang yang menggunakannya. Situs ini sering digunakan terutama untuk tujuan mendesain presentasi, majalah, poster, kartu nama, dan sampul buku atau novel.

Isu-isu di situs ini memiliki banyak desain yang dapat Anda gunakan untuk membuat sampul buku. Anda juga dapat mengubahnya sesuka Anda. Contohnya termasuk mengedit teks yang ada, membuat bentuk baru, menambahkan foto, membuat tabel, dan banyak lagi.

5.PosterMyWall

Meskipun nama ini mengandung kata “Poster”, situs web ini juga menawarkan fitur untuk membuat desain sampul buku atau novel Anda sendiri. Bahkan di PosterMyWall, ada lebih dari 740 template yang dapat Anda gunakan untuk mengedit ulang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Fitur yang dikandungnya juga sangat menarik karena di situs ini Anda dapat mengubah hampir semua elemen dari model yang tersedia. Anda dapat mengedit teks, menambahkan foto, desain, latar belakang, bahkan Anda dapat menambahkan video sesuka Anda.

Ada banyak desain template yang dapat Anda gunakan sehingga Anda dapat menggunakannya sesuka Anda. Anda juga tidak perlu khawatir kehabisan ide atau kesulitan memilih tata letak yang paling sesuai dengan isi novel atau buku yang sedang Anda buat.

Sumber: Garcep